Hape Odong2 buat Intenetan

Minggu, 01 November 2009
Posted by Azam

ini sebenarnya bukan hal yang baru bagi dunia internet, supaya bisa internetan dengan menggunakan phonsell sebagai modem. Blogwalking sana kemari akhirnya tertarik juga nich buat nyoba kebetulan cari yg support CDMA berhubung Tarif GSM yang “gak Kuaaat”.

Pilihan pertama jatuh pada HP NOkia 6016i. sempet hunting di beberapa kota namun ternyata memang produk lama susah di cari apalagi yg baru. Tadinya no problem pake yg bekas asal kondiinya masih yahud. Singkat cerita posisi di makassar mencari di beberapa pertokoan Phoncell yg cukup besar di sana, malah di ketawain. Orang cari yg high class ini malah cari sampah. (ck ck ck mereka patut di kasihani). Pulang ke Bandung hasilnya sama, bilang nya begini “ a atos we atuh ngangge modem wireless langkung cepet, bentuk na alit deuih teu riweuh” (mas sudah aja pake modem wireless lebih cepet, bentuk nya kecil tidak ribet). ya namanya juga org eksperimen kok di tawari yg gampang, lebih gampang pake E61 ku sebar sinyal wifii tangkap ama laptop. cerita berlanjut sampai lah diriku di kota Manado, jalan2 di ITC manado maksudnya ngeceng doang. Ada SPG NOKIA yg aduhai,,,, He he he mulai beraksi “neng neng dangdutan yuk” “gak ah lg kerja “ katanya. Pilih pilih SPG eh HP , tak disangka ada yg di cari selama ini. HP NOKIA 6016i si jadul bin odong odong, karena liat di postingan forum ada orang yg jual ampe 500rb waktu itu klo pun 400rb daku beli, ternyata pas ditanya hargany cuman 2,500,000,- sorry kelebihan nolnya. cuma 250rb, gak banyak bicara langsung sikaaaat. karena memang stoknya tinggal 8 unit. Instict bisnis mulai muncul, mendingan ku beli semua dech…..tapi control bro, tes dulu siapa tahu tidak memuaskan.

NOkia 6016i buat koneksi internet. banyak tutorialnya di sana sini jadi gak saya bahas lagi disini lagi males COPAZ. cuman yang jadi masalah adalah ternyata banyak para neter yang gagal mengkoneksikan 6016i di laptop atau di PC nya.  Begitu pun dengan diriku dahulu.

Berikut saya uraiakan kendala yg dialami dan cara mengatasinya:

1. Di Dial tapi hape tidak bereaksi : klo itu pastikan dulu sambungan kabel ke hp dan ke laptop terinstall sempurna. untuk memastikan cek di device manager sudahkah muncul modem 6016i. klo belum berarti modem belum terinstall segera lah install kawan. jangan lupa ada 2 tahap penginstallan. pertama install kabel data yang kedua install Modem nya. drivernya banyak kok yg upload.

2. Muncul Error Mesage ketika Dial , padahal semuanya telah terinstall semua dengan baik: take it easy brader,,,,, di device manager tadi klo dah muncul modem cdma20001x nya di klik aja 2 kali muncul dialog box pilih tab modem teru klik di query modem tunggu sesaat klo ok berarti modem sudah kebaca ama sistem silahkan dial up lagi. klo gagal berarti phoncell ama laptop/PC belum nyambung masih ngaler ngidul, cabut! pasangkan lagi dengan sempurna.

3. LAptop/PC ku jadi HANG: di beberapa postingan banyak yg menyarankan untuk install ulang sistem operasinya,klo buatku sih itu jalan terakhir. analisa nya gini sebelum di konek dengan hape klo baik baik aja nggak ada keanehan berarti laptop ama windows baik baik aja. berdasarkan hasil eksperimen (kyk ilmuwan ya) ternyata yang jadi penyebabnya adalah dari kabel data. Memang yg kompetibel dengan 6016i adalah kabel data DKU5 ORI, tapi gmana mungkin NOKIA dah gak produksi lagi DKU5, gantinya adalah CA42 walhasil. Good good gak ngeheng lagi. Tapi perlu di waspadai DKU 5 NOn ORI ada 2 jenis. Ada yg USB to UART ada yang jenis Prolific. yang bisa digunakan itu yang Prolific.

cara ngebedain nya gimana, tanya aja ama petugas konter nya , klo dia gak tahu langsung test aja di tempat klo nyambung berarti prolific. kayk aku dulu pura pura komplain padahal hampir putus asa. Test langsung di sana, bodo amat mo org nya marah kek konsumen kan Raja. sapa suruh gak tahu kabel jenis prolific. akhirnya dapet dech. dan bisa nyambung disitu juga. Tapi ternyata walaupun di bilang DKU5 padahal sistem bacanya CA42 prolific. karena memang sebenarnya DKU 5 sudah gak ada lagi dan sebagai gantinya di ciptakan lah CA42. gak ambil pusing yg penting nyambung.

4. Aku pake Flexi unlimited kok putus2 ya: ya namanya juga wireless bos, ada resiko putus soalnya jarak jauh. jadi tergantung sinyal dan jarak BTS terdekat dengan posisi anda sekarang. Tapi klo untuk fleksi unlimited memang pengalaman ku juga putus per 1 jam,padahal dah di kotak katik tetep aja putus. ini memang kyknya yg harus di perbaiki oleh pihak telkom fleksi. tapi fleksi unlimited berakhir kemarin tgl 31 oktober 2009 untuk kelanjutannya belum ada berita resmi. sekarang pake fren unlimited,

5. setelah 1 jam putus kemudian belum bisa nyambung lagi:  cabut dulu brader koneksi fisik kabel hp dan laptop, pasang kembali klo tidak bereaksi berarti di sistem portnya masih nyala. itu tinggal tunggu aja beberapa saat tergantung kelemotan laptopnya. klo pengen cepet sih restart aja Laptopnya sambungin lagi phoncell nya pasti nyambung lagi. NOR POBBLEM.

6. Dial ke #777 gak bisa langsung putus beberapa detik: Itu bisa jadi pengaruh dari sinyal, sinyal minimal 4 bar baru bisa nyambung lancar, kondisi tertentu 3 bar masih bisa kok (karena kadang2 penampakan sinyal di hape tidak akurat). kemungkinan kedua sisa pulsa nya sobat sisa berapa? klo pengalamanku sih untuk flexi masih nyambung dengan sisa pulsa 2000 setelah di kurangi reg aktivasi unlimited. klo untuk fren minimal 3000, jadi kesimpulannya kloo mo aman sediakan aja saldo cadangan Rp 5000 diluar pemakaian sambungan.

7 Dial #777 tapi keluar Eroor message: kurang lebih bunyinya DENIED, klo itu masalah di APN nya bos, coba cek lagi APN nya di wizard connection yg di bikin. sesuaikan dengan yg di daftarkan atau sesuai dengan anjuran pemilik provider. klo untuk yg unlimited kan di kasih melalui sms setelah registrasi,nah itu yg di pakai. Gamblangnya APN itu ada usernama ama Password.

Aku testing koneksi dengan hape ini sampai 8 jam sehari selama 1 minggu berturut turut, gak ada masalah. mungkin klo terjadi sedikit Dc itu karena keterbatasan dari layanan provider. Koneksi cukup stabil dan kita dapat memantau langsung kekuatan sinyal langsung dari layar ponsel. Banyak yg mengeluhkan mengenai Baterai yg cepat panas, tapi tidak sebenarnya di banding dengan ponsell lain yg digunakann sebagai modem. padahal selama ku konek ke internet si Odong2 NOkia 6016i selama itu pula charger menempel kepada dirinya. masih dalam batas kewajaran, hangat saja seperti klo anda genggam hape anda lama2. klo tidak sambil di charge malah dingin gak kerasa panas sama sekali tapi maksimum cuman 3 jam langsung wafat.

setelah terbukti memuaskan  langsung kembali ke ITC Manado berhubung sy masih di kota ini. langsung cari SPG kemarin yang Aduhai tiada tara. Kebetulan masih nampak batang hidungnya yg tipis dan macung. langsung ku sapa “neng dangdutan yuK” jawabnya “ nggak ah aku mah suka nya ajeb2” ya udah aku beli hape yg kemarin dong ku borong. dan Dia bilang, maaf abang ganteng berhubung limited stock langsung habis hari itu juga. cuman yg beruntung aja yg dapet apalagi dengan harga segitu. oh……memang klo mo jadi bisnismen harus berani ambil resiko. kembali ke si NEng tadi, bisa minta ID FB nya, atau YM MSN AOL FRIENdSTER BLOG atau apalah no rumah juga boleh. dan dia Jawab makanan apa itu? (satu orang lagi yg patut di kasihani di negeri ini) <just kidding>

Demikian ceritaku hari ini semoga bermanfaat bagi khalayak ramai. karena sampai Berita ini di turunkan saya masih menggunakan Si ODONG bin jadul namun canggih NOKIA 6016i untuk posting. Murah, tahan lama dan mobilitas tinggi bisa di andalkan.

 

NB: Tantangan baru muncul nich pengen browsing d hapenya sendiri, gimana ya nyalain minibrowsernya. aku dah instal juga OPera mini bisa jalan cuman masih gak konek. pas dial lsg putus. belum coba provider lain baru fren ama fleksi. klo ada yg berbaik hati berbagi di tunggu ya Bos. kan klo cuman ganti setatus gak nyambungin ke laptop sekalian manfaatin unlimitednya.

3 komentar:

Dudi Jaya mengatakan...

Saya juga sebelumnya pake hape nokia CDMA ber DKU-5 (6225) buat jadiin modem.. setelah HP tersebut ngadak2 hilang sinyal (kata tukang service PA nya ruksak) saya beli modem merek IVIO, alhamdulilah sekarang normal browsing (termasuk ke blog ini) salam kenal kang dari abi..

admin mengatakan...

salam kenal juga untuk kang dudi. dan sy ikut berduka cita kang atas wafatnya sinyal 6225 nya akang. he....ya mudah2an postingku berguna bagi yang lain yang masih belum kesampaian beli modem usb. he he he
BTW ANW BSW HATUR NUHUN atos komen kang.

Berita Terkini mengatakan...

weh mantap, boleh nih dicoba. mumpung punya hp cdma nganggur