Menjadi Pemimpin Bagi Diri Sendiri

Senin, 21 September 2009
Posted by Azam

Sekian lama saya mendengar  tentang konsep ini. Saya sempat berpikir klo saya sudah memahaminya. Sehingga klo dalam seminar atau ada seseorang yang memberitahukan tentang hal ini saya selalu berkata “I’ve knew it”

Padahal sebenarnya perlu diresapi secara mendalam. Namun kurang beruntung bagi saya yang tidak sempat meresapi dalam dalam sehingga membutuhkan waktu yang cukup relatif lama. Karena saya baru mengerti setelah mengalami sendiri. Learn by experience.

Apabila kita dalam suatu lingkungan kerja, saya bisa bekerja keras bahkan melebihi kemampuan saya sendiri. Mengapa ??? pertama karena saya mempunyai motivasi (klo saya bilang ambisi terlalu lebay) kemudian karena saya berada dalam tekanan (push) karena saya mempunyai atasan. Yang ketiga karena saya bekerja di perusahaannya orang lain.

Itulah mengapa seorang Bussines Man sejati atau seorang wirausaha banyak sekali kelebihan dan keunggulannya yang patut kita Tiru.

Awal saya temukan arti dari “menjadi pemimpin bagi diri sendiri” adalah ketika saya mulai berhenti sejenak menjadi seorang pegawai. Kemudian saya mulai melanjutkan sedikit demi sedikit usaha (ceritanya ) yang saya rintis selama saya libur menjadi pegawai. Tahukah anda ? bahwa ternyata tidak setiap orang adalah bos bagi dirinya sendiri. Termasuk saya, karena saya bosnya dan saya sendiri pegawainya maka semua tata tertib, disiplin, SOP bisa dilangkahi bahkan tidak bekerja sama sekali pun bos Tidak marah karena “Bos” saya bisa konfromi. Konfromi karena dipengaruhi sifat dasar kita sebagai manusia yang selalu mencari sesuatu yang enak dan nyaman (terutama Bagian tubuh kita yang bernama Body).

Tidak selamanya BOS adalah Leader. Lead always advance menuju yang lebih baik. satu langkah di depan dan bisa memanage semua kegiatan usaha termasuk karyawan walaupun karyawannya satu orang dan itu adalah anda atau saya sendiri. Ini hanyalah deskripsi sederhana mudah mudahan mudah dicerna.

Mudah-mudahan bisa menjadi pencerahan bagi yang membacanya. Dan mari kita berharap dan berusaha supaya dapat menjadi Pemimpin bagi diri sendiri sebelum memimpin orang lain bahkan perusahaan atau negara.  Karena Great Company needs a Leader.

2 komentar:

Kang Artha mengatakan...

Bagi saya BOS harusnya adalah Leader, tapi tak selamanya Leader itu bos..itu yang saya pahami bos..^_^

bayunature mengatakan...

ada baiknya ya, pimpin dulu diri sendiri sebelum memimpin orang lain..bkn bgt bos!!