Menulis Untuk Konversi

Senin, 10 Agustus 2009
Posted by Azam

Menulis Itu Tidak hanya untuk para Pembuat buku, Pujangga maupun Wartawan saja. Tapi semua orang bisa menulis namun dengan maksud dan tujuan yang berbeda. Menulis tidak sembarang menulis, tapi menulis yang berkualitas supaya tujuan dari menulis tersebut terlaksana.


Terutama untuk blogger pemburu $$$. Tujuan menulis adalah untuk "Konversi". Konversi dari beberapa paraghrap dalam posting menjadi .... U know lah. Memang terdengar materialis tapi tidak seperti itu. Saya pikir konversi tinggi adalah prestasi dari skill menulis kita.

Dalam menulis perlu dilakukan pengujian pengujian yang tentu saja bisa kawan kawan blogger raakan dan alami dari posting ke posting yang pernah dilakukan. Semakin hari semakin berpengalaman semakin matang dan kadang kadang dari beberapa posting ada yang memang memberikan kontribusi ganda terhadap blog kita. Beberapa perusahaan besar sering melakukan uji optimasi untuk meningkatkan tingkat konversi artikel mereka. Salah satu komponennya adalah quantitas penjualan sebagai akibat dari posting. Berdasarkan penelitian mereka pengujian yang dilakukan dalam hal pendekatan cara menulis sering memberikan kontribusi ganda dalam kenaikan tingkat konversi.

Bagaimanakah pengunjung membaca Tulisan kita? Ternyata Tidak......mereka tidak membacanya. Mayoritas para pengunjung internet tidak membaca halaman yang ditampilkan kata demi kata. Mereka hanya memindai dan hanya fokus terhadap kalimat tunggal, frase ataupun kalimat tertentu. Mereka seringkali menilai perusahaan anda ketiuka pertama kali berkunjung bahkan mereka tidak tahu seberapa besar informasi yang kita sampaikan bisa dipercaya. Mereka lebih tertarik kepada pesan persuasif dan lebih menyimak fokus utama tulisan anda. Para pengunjung berorientasi "Tugas" untuk mencari sesuatu di dalam blog dengan tujuan mendapatkan sesuatu yang spesifik untuk memenuhi kebutuhannya.

Kebanyakan cara yang diambil untuk meningkatkan konversi tulisan anda adalah tulisan anda harus mempunyai satu tujuan yaitu mengurangi beban kognitif pengunjung. Sangat tidak disarankan memaksa pengunjung untuk memperhatikan bagaimana informasi disajikan, dengan seperti itu maka mereka dapat lebih fokus untuk mencapai tujuannya. Harus datang dari mereka sendiri dengan arahan kita sebagai penulis. Hal tersebut akan memacu mereka untuk lebih efisien dan efektif. Hal ini akan meningkatkan konversi untuk kita dan kepuasan untuk pembaca.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menulis
1. Struktur
2. Tone / Nada bahasa
3. Format

To the point saja dan biarkan pembaca memutuskan apakah tulisan anda cukup relevan untuk mereka melanjutkan membaca tulisan anda. Akan saya bahas satu persatu point point diatas satu persatu pada artikel selanjutnya. Berbagi itu Indah.......


Label:

0 komentar: